Uey-3P3QcRYy76Cftld6SRxGjRo .fb-background { background : #fff; width : 500px; }

15 November 2013

Pilih Susu ASI atau Susu Formula?

Saya terinspirasi mengulas tentang susu ini sebab seringkali menjadi bahan pembicaraan dilingkungan saya, dimana ternyata banyak ibu - ibu yang menjadi korban dari Iklan Susu Formula yang kemudian beranggapan bahwa semakin mahal susu maka semakin baguslah kualitasnya. Bahkan dikarenakan pemikiran seperti itu, tidak sedikit Ibu yang kemudian dengan bangga lebih memilih memberi anaknya minum susu formula daripada ASI. Apakah mungkin ASI lebih baik dari susu formula?tentunya tidak. Ibaratnya Susu Sapi ya untuk sapi dan Susu Manusia ya untuk manusia.

Apakah benar bahwa semakin mahal harga susu maka semakin bagus kualitasnya? Berikut hal - hal yang mempengaruhi harga susu :
  • Biaya Marketing / Iklan yang dikeluarkan.
  • Proses Pembuatan, apakah diproduksi didalam negri ataukah diimpor.
  • Hadiah - hadiah yang diberikan oleh produsen susu.
  • Dan lain - lain
Kesemua komponen diatas tentu akan mempengaruhi harga susu. Bagus tidaknya susu formula yang ibu berikan pada bayi anda tidak ditentukan oleh mahal murah akan tetapi cocok tidaknya dengan pencernaan bayi anda. Maka untuk itu anda perlu memperhatikan hal - hal seperti dibawah ini
  • Pada waktu memilih Susu Formula pilihlah yang kandungan gizinya lengkap, pada umumnya kandungan gizi dalam susu formula hampir setara antara susu murah dan susu mahal, maka jangan berpatokan pada harga.
  • Lalu perhatikan setelah memberi bayi anda sufor tersebut, apakah buang air besarnya lancar, mencret atau malah membuat eeknya keras.
  • Apakah bayi anda mengalami muntah-muntah?
Nah kalau setelah anda memberikan sufor pada bayi anda dan bayi anda baik - baik saja, tidak mengalami gangguan pencernaan maka itulah susu formula terbaik bagi bayi anda. Namun sebaik - baiknya susu formula tentulah tetap yang terbaik adalah ASI.

ASI memiliki kandungan yang sangat penting yang tidak dimiliki oleh susu formula seperti Laktosa, sebab kadar laktosa lebih tinggi pada ASI dibandingkan dengan Susu Sapi, sedangkan laktosa ini sangat penting untuk proses pembentukan myelin otak. Fungsi myelin adalah untuk menghantar rangsangan yang diterima bayi. Susu Sapi sendiri lebih banyak mengandung protein yang berfungsi untuk membantu pembentukan otot.

Nah agar ASI ibu bagus, tentunya ibu juga harus memperhatikan asupan makanannya, seperti makan makanan bergizi, sayur - sayuran dan buah - buahan.

Setelah para ibu membaca tulisan ini, tentukanlah sikap anda, apakah akan memilih ASI ato Susu Formula?Saran saya, berilah yang terbaik buat buah hati anda yaitu ASI. Susu sapi utnuk anak sapi dan susu manusia untuk manusia.
 


2 komentar:

  1. Sebenarnya untuk bayi itu yang paling tepat dan cocok adalah susu Asi. Tapi kebanyak orang tua sekarang lebih suka susu sapi. Hehehe :)
    Mungkin karena kesibukan yang luar biasa atau mungkin hal lain tidak tahu. Hmmmm :)
    Kandungan vitamin dan asupan gizi lebih banyak susu Asi dari pada susu formula :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget..ASI adalah makan terbaik buat Bayi..cuma sayangnya tidak sedikit para ibu korban iklan yang berpikiran sebaliknya, bahkan kadang merasa malu karena cuma memberi ASI pada bayinya, yang banyak saya jumpai dilingkungan saya. Hal inilah yang membuat saya tergelitik untuk menulis tulisan ini..harapannya para ibu makin menyadari bahwa ASI adalah yang terbaik.

      Hapus